Kalirandu Petarukan Pemalang

Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang berada di Jalur pantura. Semua wilayah Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang berada di dataran rendah. Dibanding daratan untuk rumah penduduk areal pertanian lebih luas . Sebagian besar penduduknya adalah petani pemilik dan sekaligus penggarap sawah. Dalam satu tahun, Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang bisa menghasilkan padi dalam dua musim. Pengairan sekunder kali comal yang teratur berimbas pada produktifitas pertanian yang tinggi.
Masyarakat Kalirandu sebagian besar menganut aqidah Islam Ahlusunnah Waljama'ah di bawah organisasi NU. Ada dua pondok pesantren yang menjadi ujung tombak dalam pengkaderan generasi Aswaja yaitu Pesantren Uswatun Hasanah di bawah asuhan Kyai Soleh Ahmad Alhafiz yang terletak di Jl. Pandawa RT 05 Rw 01 Desa Kalirandu Kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang dan Pesantren Al-Furqon di bawah asuhan K.H. M. Rojum dan Ustadz Drs. Zuhri Ali.

Sudut Masjid Baitul Mutaqien Kalirandu Petarukan Pemalang

Desa Kaliradu Kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang dibatasi oleh beberapa desa,
  1. Sebelah selatan dan barat berbatasan dengan desa Iser, 
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan desa Pesucen, 
  3. Sebelah Utara berbatasan dengan desa Temuireng dan desa Bulu. 
Letak desa Kalirandu yang tepat di pinggir jalur Pantura memudahkan bagi warganya untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. Pasar Krempyeng yang menjadi pasar rujukan bagi sebagian besar masyarakat Kalirandu mampu memberikan retribusi/pemasukan bagi pemerintah desa.

0 komentar:

Posting Komentar

Share Untuk Kalirandu

Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites